Detail Cantuman
Advanced SearchText
Wawasan al-Qur’an tentang Pendidikan Jiwa
Hasil peneilitin ini mengembangkan sebuah konsep pendidikan Islam berdasarkan ilmu jiwa, yakni konsep pendidikan jiwa. Pendidikan Jiwa (al-Tarbiyah al-Nafs) adalah Suatu upaya untuk membina, mendidik, memelihara, menjaga, membimbing dan membersihkan sisi dalam diri manusia (Jiwa) dari sifat-sifat tercela menuju ke al-Nafs al-Muthma’innah (Jiwa yang tenang), sehingga ia kembali kepada fitrahnya yang telah ditetapkan oleh Allah swt. Sehingga pada penelitian ini ditemukan suatu metode pengembangan yang praktis dalam mendidik jiwa, yakni, pertama Penerapan rukun Iman dan rukun islam, kedua Mengenal diri, dalam mengenal diri. Metode yang ketiga yakni menghidupkan potensi qalbu, dalam menghidupkan Potensi hati dapat digunakan cara-cara berikut, niat, taubat, dzikrullah, mentadabburi al-qur’an, qiyamu al-lail, do’a. Metode yang keempat adalah Tafakkur, dalam tafakkur dapat menggunakan proses inti yakni, menuntut ilmu pengetahuan, meneladani kisah orang saleh, muhasabah. Hendaknya bagi para calon pendidik dapat memperhatikan proses pembelajarannya yang tidak hanya berfokus pada pembinaan intelegensi dan psikomotor, tetapi juga memperhatikan aspek psikis atau jiwa pada peserta didik, agar peserta didik dapat mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran islam secara kaffah dan penuh tanggung jawab.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Fakutas Tarbiyah dan Keguruan : Makassar., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Muhammad Yunus / 20100013057
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain