Image of Narendra Modi Jelata yang Meruntuhkan Dominasi Politik Elitis

Text

Narendra Modi Jelata yang Meruntuhkan Dominasi Politik Elitis



India kini merupakan kekuatan baru dalam revolusi ekonomi dan teknologi. Dengan penduduk mencapai 800 juta jiwa yang berusia di bawah 35 tahun, India menjadi kekuatan penting di panggung global. Dalam posisi yang penting ini, secara mengejutkan muncul pemimpin baru yang berasal dari tempat yang tak diduga oleh para pengamat politik kelas dunia sekalipun.

Narendra Modi, sang Perdana Menteri, menang dengan cara yang tak biasa dan bahkan meraih suara mayoritas. Modi adalah anak kasta paling bawah, dan sejak kecil harus bekerja embantu orangtuanya mencari nafkah dengan menjadi edagang kaki lima, dan puluhan tahun mengembara ke seluruh penjuru India, meniti karier dari bawah hingga sukses menjadi Gubernur Gujarat, sebelum mencalonkan diri menjadi Perdana Menteri India. Ia tahu lawan yang dihadapi adalah partai besar dari kelas elite, Partai Kongres dan Dinasti Nehru Gandhi, yang sudah menguasai India lebih dari dua dekade. Dibutuhkan strategi yang cerdas untuk mengalahkan rival yang memiliki sumber daya finansial dan pengaruh politik yang begitu besar.

Namun Modi membuktikan diri bahwa orang dari kalangan jelata kelas bawah bisa lebih kreatif dan inovatif. Dia menggunakan kampanye yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Memanfaatkan teknologi modern ponsel, berbagai teknologi media dan Internet, dan semua platform sosial media yang dimanfaatkan secara inovatif sepanjang kampanye, seperti aplikasi populer WhatsApp, BBM, SMS, infografis, Facebook, dan Twitter yang menciptakan buzz di media sosial dan bahkan menggunakan kampanye canggih berupa Modi Virtual semacam cara blusukan virtual dengan menggunakan hologram 3 Dimensi yang langsung dipancarkan ke ratusan lokasi. Dia memanfaatkan kedekatannya dengan kelompok iskin serta anak-anak muda progresif dan melek teknologi canggih yang sudah bosan dengan status quo kaum elite politik.

Buku ini menarik karena penulis menyajikan informasi tentang pribadi Modi, mulai dari kehidupannya yang miskin hingga ke kontroversi yang menyelimuti Modi sejak dia dituduh dalam tragedi berdarah pada 2002 yang memakan ribuan nyawa, akhirnya berhasil menjadi perdana menteri. Penulis juga melakukan wawancara langsung dengan sang perdana menteri, serta menjelaskan secara detail kisah di balik kampanye Modi, putra dari golongan kasta rendah dan mantan penjual teh keliling di gerbong kereta api. Modi merupkan contoh bagus dari prinsip from zero to hero . Seperti apakah perjuangannya.


Ketersediaan

B008187899.221 3 PRI nPerpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (800)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
899.221 3 PRI n
Penerbit Kakilangit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxx, 246 hlm;; 15 cm x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786028556675
Klasifikasi
899.221 3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this