Image of Etika Profesi Keguruan

Text

Etika Profesi Keguruan



Istilah profesi lekat dengan suatu pekerjaan yang memiliki jenjang karier. Namun, sering kali terdapat ketidaktepatan penggunaan makna dari kata profesi di kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang menyamakan profesi dengan pekerjaan. Pada kenyataannya, tidak semua pekerjaan disebut sebagai suatu profesi. Profesi merupakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus, terdapat jenjang karier, dan diatur dengan kode etik serta etika profesi.

Guru merupakan sebuah profesi karena perlu keahlian khusus di bidang keilmuan dan pendidikan untuk menjadi seorang guru. Pada dasarnya, profesi guru merupakan profesi yang mendedikasikan dirinya sebagai pelayanan publik berupa layanan pendidikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam menjalankan tugasnya, guru memiliki kode etik dan etika profesi yang perlu dipatuhi.

Guru dipandang sebagai profesi yang mulia, tetapi belakangan ini sering terjadi pelanggaran etika profesi yang dilakukan oleh guru. Hal itu terjadi karena kurangnya jiwa keguruan dalam diri seorang guru. Dalam buku Etika Profesi Keguruan ini, kami mencoba menguraikan pengertian etika, profesi, dan guru yang berkaitan erat dengan etika profesi dan kode etik guru di Indonesia.

Pada kesempatan ini, tidak lupa kami panjatkan syukur kepada Allah Swt.atas berkat dan rahmat-Nya sehingga buku ini dapat selesai dengan lancar. Kami selaku penyusun buku ini mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatan buku ini hingga terbit. Semoga buku ini dapat menjadi pedoman bagi para guru dan memberikan manfaat untuk pembacanya.


Ketersediaan

B008860174 MUH e c3Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (100)Tersedia
B008859174 MUH e c2Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (100)Tersedia
B008858174 MUH e c1Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (100)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
174 MUH e
Penerbit Bumi aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 154 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233288422
Klasifikasi
174
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subyek
Info Detil Spesifik
Sumbangan Dosen
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this